Langsung ke konten utama

Zero, Ketika Image Tampan Shah Rukh Khan Digoyahkan


Apa yang terbayang oleh kamu cerita film yang dimainkan aktor tampan Shah Rukh Khan? Sebuah drama romantis yang diceritakan oleh aktor dengan tubuh ideal namun dipisahkan dua kondisi sosial?

Zero, drama sains fiksi India yang diproduksi dan dirilis tanggal 21 Desember 2018. Film ini diperankan oleh artis-artis ternama India yaitu Shah Rukh Khan, Katrina Kaif dan Anushka Sharma.

Film ini merupakan garapan Anand L Rai yang terkenal dengan film-film komedi romantisnya. Flim Zero, mendapatkan rating di Imdb 5,9/10 saja.

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama Bauua Singh (Shah Rukh Khan) yang dihadapkan dengan dua pilihan sulit. Dia bertemu dengan dua wanita yang sama-sama dia sukai.



SINOPSIS


Bauua Singh, pemuda kerdil yang dewasa yang selalu lari dari kenyataan hidupnya. Dia hanya beruntung terlahir dari keluarga mapan, dan dia tidak mau sedikitpun susah dan ingin senangnya saja.

Sebagai pemuda tanggung, Bauua juga memiliki keinginan halu, yaitu menikah dengan Babita Kaif (Katrina Kaif) artis cantik yang populer di India. Dia rela menghabiskan uang demi bertemu dengan pujaaan hatinya. Walau itu hanya sebatas menonton film-film Babita di bioskop.

Ceritanya di mulai di Meerut, saat Bauua Singh menghamburkan uang ayahnya setelah mendengar kabar bahwa artis favoritnya Babita putus dengan kekasihnya. Tentu saja hal ini menimbulkan kemarahan dari ayahnya.

Namun kemarahan ayahnya tidak mematahkan karakter seorang Bauua. Dia tidak sedikitpun peduli dengan kemarahan ayahnya, walau dia disinggung mengenaik keadaan fisiknya yang kerdil. Dia tetap egois, mementingkan dirinya sendiri dan percaya diri dengan dirinya.

Namun semuanya berubah saat Beuua bertemu dengan seorang saintis NASA yang difabel bernama Aafia (Anushka Sharma). Beuua jatuh cinta dengan Aafia yang seorang difabel cerdas dan luwes. Juga karena sama-sama memiliki kekurangan, Beuua pun menemukan gadis yang melengkapi hatinya.

Perjalanan cinta mereka pun semakin mulus, sampai akhirnya meeka memutuskan untuk menikah. Namun semuanya berubah lagi tatkala Beuua bertemu dan dicium oleh artis dambaannya Babita. Kjadian ini pun menggoyahkan Beuua.

Beberapa jam sebelum pernikahan, Beuua pun mengungkapkan kepada Aafita bahwa dia dicium oleh Babita (yang saat itu sedang mabuk) dan dia ingin bertemu lagi dengan artis pujaaannya. Ditambah lagi dia berhasil meemnangkan lomba tari yang hadiahnya bertemu dengan Babita.
ntu hal ini memuat Aafia sedih, namun ida tidak menunjukan melalui kata-kata. Dia hanya menyuruh Beuua peri dan berlari seperti dia dahulu, pengecut yang hanya mementingkan diri sendiri.

Benar saja, Beuua meninggalkan pernikahannya dan berangkat ke mumbai bertemu idolanya Babita. Hampir setahun Beuua menikmati waktunya di Mumbai bersama Babbita. Mereka sering menghabiskan waktu bersama, dan Beuua pun terbuai akan pesona dan perlakukan Babita. Padahal Babita hanya menganggap Beuua adalah teman dan fans.

Waktu berjalan, Beuua pun mulai menyadari bahwa dia merindukan Aafia. Hal ini dimulai takala Babita syuting sebagai gadis cacat berkursi roda. Dan apda saat itu juga Babita kembali lagi dengan kekasihnya yang lama. Tentu saja hati Beuua semakin patah.

Beuua pun menelfon ke Aafia dan mereka saling terdiam. nasib buruk pun Beuua pun semakin menjadi tatkala Aafia sedang dilamar kekasihnya di Amerika.

Pada pesta ulang tahun Babita, Beuua pun mabuk dan mengamuk. Dia mengungkapkan kelakuan pacar Babita yang ciuman bersama selingkuhannya di dapur rumah Babita. tentu saja Babita tidak percaya dan marah, dia pun mengusir Beuua sebari menghinanya.

Setelah mereka berdua sama-sama menyadari cinta masing-masing, Beuaa pun pergi dari rumah Babita dan berangkat ke Amerika menyusul Aafia. Sedangkan Babita pun mengusir kekasihnya dan menyadari ucapan Beuua.

Sesampainya di Amerika, Beuua pun dikejutkan dengan kenyataan bahwa dia punya anak dari Aafia. Ditambah lagi Beuua menerima undangan pernikahan dari Aafia. Beuua semakin tergoncang dengan kenyataan dan dia meminta maaf dengan Aafia dan mempertanyakan keputusannya.

Namun Aafia tidak bergeming dan tetap melanjutkan kehidupannya tanpa Beuua. Namun Beuua tidak putus asa, diapun ikut seleski dari NASA yang memberangkatkan orang terpilih ke Mars demi menarik perhatian Aafia.

Tentu saja, Beuua lulus dan dia menjadi kandidat yang diberangkatkan untuk ke Mars. Aafia pun dilanda dilema, tunangannya ternyata hanya mementingkan penelitian dan kecerdasan Aafia saja, namun tidak mencintainya.

Hari peluncuran ke Mars semakin dekat, Aafia semakin dilema, ditambah lagi jadwal peluncuran berdempetan dengan hari pernikahannya.





REVIEW

Yang gue suka dari Zero ini adalah dimana karakter Beuua menghancurkan image seorang Shah Rukh Khan yang selama ini identik dengan pecinta tampan dengan cerita sedihnya. Lebih tepatnya karakter fisik Beuua sebagai pria kerdil, menghadirkan tontonan Shah Rukh Khan sebagai orang baru di sebuah film.

Gue pun merasakan bahwa film ini mencoba untuk detail dalam ilmu sains, terbukti dalam paparannya kita dibawa ke dalam sebuah misis peluncuran manusia untuk mendarat di Mars. Walau ini hanya sains fiksi, namun gue terkagum kan detailnya walau terkesan mengada-ngada.

Apalagi dibagian Beuua yang menjetikan jari dan bintang-bintang pun berjatuhan. Gue penasaran, apa maksud dari kejadian ini? Menunjukan bahwa Beuua dianugerahkan oleh Tuhan atau apa? Bayangkan jika bintang berjatuhan sebanyak itu, tentu bumi akan gempar. Gue terlalu serius!



Jujur saja, beberapa plot dalam cerita kita bisa menebak alurnya. Pria pengecut-jatuh cinta-lari- sadar akan kesalahan- berjuang mati matian-mendapatkan cinta sejati. Alur inilah yang tidak bisa dihindari dalam tebak-tebakan cerita drama percintaan.

Dan lagi, beberapa plot begitu saja terbuang dan dipaksa untuk diterima dalam cerita. Gue penasaran bagaimana ekpresi ayah Beuua tentang anaknya, kaena awal cerita dibuka oleh konflik mereka berdua. Tapi gue nggak menemukan bagaimana penyelesaian ini, mungkin karena tidak terlalu penting kali ya? Tapi gue penasaran.

Dan juga komitmn sebagai karakter difabel sering terlewatkan alias tidak maksimal oleh Anushka Sharma. Ada di saat momen dia sangat kesulitan dan memang terlihat cacat, namun ada di masa tertentu, dia bersikap seperti gadis biasa dan melupakan cara bicaranya sebagai difabel.

Sepanjang cerita dengan durasi 2 jam 25 menit, terasa sedikit membosankan karena bisa ditebak jalan ceritanya. Banyak kejadian yang sengaja dipanjang-panjangkan, dipendekan, dan setiap kejadian punya masalahnya sendiri.

Karena percampuran dengan sains fiksi inilah, gue tidak menemukan apa yang ingin disampaikan flim seutuhnya. Di sini gue lebih merasakan tonjolan ilmiahnya daripada kisah asmara dua manusia.

Dan juga bagaimana tidak konsisten terhadap fisik Beuua. Di beberapa sisi dia lebih terlihat seperti kurcaci, sedangkan di sisi lain dia terlihat hanyalah pria yang kurang tinggi.

Tapi, kekuatan aktor melalui beragam gestur merangkai setiap detik-detik terakhir begitu emosional. Di sinilah kehebatan peran Shah Rukh Khan bersama Anushka Sharma diperlihatkan. Dan menurut gue mereka membangun chemistri sebagai pasangan penuh cinta.

Ya siapa sih yang bisa menolak kekuatan seorang Shah Rukh Khan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

wanita penggoda

Kejadian ini sekitar beberapa bulan yang lalu, tepatnya semester 1 dulu. Nah, kan ada nama mata kuliahnya SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA, dimana metode belajarnya adalah diskusi kelompok, kita dibagi perkelompok dan menerangankan satu materi. Ibuk yang ngajar jiwanya sangat ferrrr lah sama mahasiswa, beliau tuh kadang pulangnya cepet, masuknya nggak on time selalu. Pokoknya dosen faforit mahasiswa banget dah, Tapi pada suatu ketika nasib gue yang selalu di selimuti kekaluan yang cukup memprihatinkan, kambuh lagi. Ceweritanya begini, Kuliahpun dimulai dengan kata pengantar seperti biasa, ulasan minggu lalu. Metode belajar dengan dosen ini adalah dengan diskusi.   Sama seperti dosen lainnya,beliau membagi kami beberapa kelompok dan membagi   beberapa materi. Dan sekarang adalah giliran kelompok Buya yang akan tampil. Diskusi mulai hangat, begitu juga gue dengan kawan-kawan yang lain. Hangat untuk tidur .. Hangat untuk ngobrol... Hangat untuk guling- guling

Yeyy.... 'Liburan' ke Jepang!

Shibuya Crossing Penutup perjalanan akhir tahun 2019, saya mendapatkan kesempatan untuk liputan ke Jepang. Siapa sih yang tidak ingin ke Jepang? Saya salah satunya. Masih saya ingat momen saat Bunkasai di kampus, dimana semua tentang Jepang dipaparkan di sana. Salah satu yang menarik adalah penyewan baju yukata dan berfoto dengan latar Sakura. Sangat terlihat lucu dan saya tidak ada uang untuk menyewanya. Maklum saya salah satu mahasiswa kere di lingkungan sana. Kemudian saya celetuk asal-asalan kepada teman-teman saya "ntar aja dehm, gue mau foto di negaranya langsung saja," Tentu itu adalah ucapan asal-asalan mahasiswa yang makan saja susah. Boro-boro main ke Jepang. Namun beberapa tahun kemudian Tuhan berkata lain, karena urusan pekerjaan saya berkesempatan berkunjung ke beragam tempat. Jepang salah satunya." Sekedar informasi, Jepang adalah salah satu negara yang bervisa untuk paspor Indonesia. Dan saya mohon maaf tida kemngetahu s